by

Prodi Teknik Informatika UMT Gelar Seminar Nasional

TANGERANG, (B1) – Mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknik Informatika UMT diharapkan dapat meningkatkan kualitas, baik yang berkaitan dengan karya ilmiah maupun tugas akhir.

Demikian benang merah Seminar Nasional Teknologi Informasi (Sentif) yang digagas Prodi Teknik Informatika UMT, di Ballroom Mahoni, Great Western Resort Hotel, Tangerang, Sabtu (2/3/2019).

Seminar itu mengangkat tema penting bagi mahasiawa, yakni tentang “Metode Penelitian dan Analisa Perancangan Sistem dengan UML”.

Terkait dengan seminar tersebut, Ketua Prodi Teknik Informatika Sepry Maulana Husain, mengatakan metode penelitian itu ada karena sebetulnya ada masalah yg timbul. Dengan begitu, butuh cara bagaimana meneliti dengan baik dan benar.

“Bagi mahasiswa semester akhir dalam menyelesaikan tugas akhir metode penelitian sangatlah penting. Dibidang Teknik Informatika, salah satu metode yg digunakan adalah UML, yaitu metode berbasis obyek yg harus dipahami seorang analis, programer dan profesional di bidang Teknik Informatika,” katanya.

Tidak jauh beda dikatakan Ketua Panitia Seminar, Rahmat Destriana. Dia menjelaslan seminar nasional ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas karya ilmiah maupun tugas akhir mahasiswa bidang Teknik Informatika.

Seminar ini menghadirkan dua narasumber kompeten di bidangnya. Pemateri pertama, Solikin, S.Si., MT. (Direktur Eksekutif Aptikom), menjelaskan tentang jenis tugas akhir, perbedaan tugas akhir, penelitian, cara meneliti, langkah metode ilmiah, susunan laporan dan area penelitian Teknologi Informasi.

Pada bagian lain, pemateri kedua, Dr. Windu Gata, M.Kom. (Praktisi & Akademusi), menjelaskan mengenai standarisasi untuk mendokumentasikan, menspesifikasikan, dan membangun sistem perangkat lunak dengan Unified Modeling Language (UML).

Dia juga membahas ISO 9126, pengujian dan manajemen proyek perangkat lunak serta hubungan UML dengan Smart City.

Seminar ini dihadiri Wakil Dekan 1, Rohmat Taufik, M.Kom & Wakil Dekan 2, Samsul Bahri, M.Pd dan sedikitnya 600 peserta dari kalangan mahasiswa, dosen, akademisi & praktisi dari penjuru tanah air. (fen)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *